Tips Pemeriksaan Alat Berat

Tips Pemeriksaan Alat Berat | Blog Alat Berat

Setiap pekerjaan memiliki resiko bahaya yang berbeda tergantung bagaimana pelaksanaan awal serta perhatian terhadap peralatan maupun unit yang digunakan, apakah dalam kondisi yang baik atau layak pakai. Selain pentingnya mengetahui bahaya saat bekerja, diperlukan juga ketelitian dalam pelaksanaan pemeriksaan unit atau alat kerja baik kendaraan, mesin, perlatan maupun alat berat yang digunakan.

Kegagalan kerja alat angkat dan angkut seperti Crane, Forklift, Overhead Crane, Lifting BucketGondola dan alat bantu angkatnya seperti web sling, shackle atau chain block dapat mengakibatkan kecelakaan yang serius bahkan dapat mengakibatkan fatality. Oleh karena itu inspeksi terhadap alat angkat dan angkut sangat penting, baik itu secara harian maupun bulanan. Catatan perbaikan harus dilakukan secara terus menerus,  mengingat hal ini sangat penting, karena dapat mengetahui kerusakan kecil pada peralatan atau unit kerja yang digunakan sejak dini. Secara umum item yang harus diperiksa secara rutin dan dimasukkan dalam check list seperti :

1. Pemeriksaan Harian
Dalam sebuah Log Book dilakukan untuk memeriksa  fungsi Garpu, Teleskopik Boom Crane, Alat bantu jalan ( roda,ban atau rantai ), Kebocoran Sistem Hidrolis, Fungsi panel indikator, Lampu, Rem dan Mesin. Sedangkan Untuk pemeriksaan Bulanan dapat lebih difokuskan pada bagian mesin ( penggantian oli atau kelistrikan )

2. Pemeriksaan Tahunan
Pemeriksaan Tahunan wajib dilakukan dengan melaksanakan Sertifikasi Alat Angkat dan Angkut melalui Depnaker untuk memenuhi peraturan perundangan yang ada

3. Catatan perbaikan / service harus disimpan dan terdokumentasi dengan baik agar kerusakan apa saja yang pernah terjadi dapat diketahui

4. Pemeriksaan alat bantu angkat seperti chain block, shackle, web sling dan tali baja juga harus dilakukan secara rutin.

-Chain block, lakukan pemeriksaan pada rantai dan pengaitnya apakah ada keretakan serta alat pengunci masih berfungsi dan berikan pelumas apabila rantai sdh berkarat.

-Shackle atau segel pengunci, lakukan pemeriksaan pada ulir baut pengunci dan pemeriksaan berkala untuk retak pada segel.

-Web sling, lakukan pemeriksaan apakah ada robek pada jalinan kain dan sesuaikan dengan standar yang berlaku.

-Tali baja/sling, lakukan pemeriksaan pada jalinan kawat baja apakah ditemukan putus atau tidak dan sesuaikan dengan standar yang berlaku dan jangan lupa simpan chain block dan tali baja dengan cara digantung.

Apabila menemukan kondisi tidak aman pada alat berat/angkat dan angkut segera laporkan pada atasan, Ingat keselamatan rekan juga menjadi tanggung jawab kita. Jadi diperlukan perhatian khusus untuk mencegah bahaya-bahaya yang terjadi saat penggunaan peralatan mauapun unit yang digunakan.

Sumber : detikbatulicin.wordpress.com

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>