Tips Membeli Alat Berat Bekas

Tips Membeli Alat Berat Bekas | Alat Berat Blog

Alatberat.com – Sebelum anda melakukan pembelian alat berat bekas, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli alat berat bekas pakai, seperti model / type atau jenis alat berat bekas tersebut harus sesuai peruntukan nya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam penggunaannya, sebelum menentukan jenis alat berat apa yang akan dibeli, perlu juga mengetahui merk yang biasa digunakan berdasarkan pada pengalaman apakah spare part dan untuk servicenya mudah didapatkan di pasaran, selain secara umum terbukti kehandalannya, harga jual dikemudian hari masih cukup tinggi.

Berikut Beberapa tips sebelum pembelian alat berat bekas :

1) Model / Type

Sebelum anda memutuskan akan membeli sebuah alat berat, pastikan model / type alat berat yang akan anda pergunakan sudah cocok fitur dan fungsinya dengan yang anda inginkan. Cocokan juga spesifikasi alat berat yang akan anda beli dengan referensi spesifikasi dari situs resminya guna menghindari kesalahan spesifikasi karena adanya modifan dari pihak penjual.

2) Merk / Brand

Merk ini sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kenyamanan sang pemilik / operator alat berat tersebut. Jadi jika anda sudah terbiasa mengoperasikan alat berat merk X, maka sebaiknya membeli merk X kembali, agar menghindari penyesuaian operator terhadap merk yang lain yang mungkin menghambat kinerja alat tersebut nantinya.

Perlu diingat juga dalam penentuan brand atau merk yang akan anda pilih, perhatikan suku cadang dan pelayanan nya mudah ditemukan atau bahkan mudah disubtitusi dengan type / merk lain di pasaran atau tidak.

3) Budget

Kali ini anda harus pastikan ketika anda telah memilih type, merk dan harga nya pun harus sesuai dengan budget anda, usahakan mencari beberapa alternatif pilihan lain untuk membandingkan masing-masing type / merk guna mendapatkan pilihan yang efisien dan ekonomis.

Dalam penentuan budget ini anda perlu seikit mencari tambahan informasi tentang harga pasaran dari model dan merk yang telah anda pilih, demi memastikan bahwa harga yang anda bayar nanti tidak over budget.

4) Kondisi Alat Berat

Disini anda perlu sedikit lebih teliti dalam melihat setiap detail dari alat berat yang anda beli, karena alat berat tersebut merupakan alat bekas pakai dan kita tidak tahu sejarah selama pemakaiannya maka anda dituntut untuk banyak bertanya kepada sang penjual tentang sedikit history alat berat tersebut.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kondisi alat berat tersebut, seperti : dimana dan berapa lama alat tersebut dipakai (hourmeter), serial number, tahun pembelian, kondisi fisik apakah banyak bagian yang memerlukan perbaikan, apakah dapat beroperasi normal sesuai spesifikasinya, garansi, dll.

Umumnya beberapa pertanyaan di atas tersebut dapat mempengaruhi harga dari alat berat tersebut.

5) Konsultasi

jika anda masih kurang yakin tentang pembelian alat berat bekas, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada teman, kerabat, saudara, atau orang lain yang paham dengan teknis-teknis alat berat. Dan anda dapat mengajak orang tersebut untuk ikut dalam melihat kondisi alat berat agar anda yakin dengan pemilihan alat berat sesuai dengan yang anda inginkan.

Banyak hal yang perlu harus diketahui dalam membeli alat berat bekas seperti excavator, dozer, grader, truck, Motor Grader, genset atau lainnya, bantuan konsultasi teknis dan saran ekonomis dalam memilih alat berat yang tersedia saat ini sangat diperlukan, sehingga apakah sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda untuk mendapatkan penawaran harga jual alat berat bekas tersebut. (dr)

Semoga bermanfaat !

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>