Sektor Konstruksi Akan Melanjutkan Pertumbuhan Tren Yang Mengesankan

Sumber : Bank Indonesia

Sumber : Bank Indonesia

Sektor konstruksi telah berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir, didukung oleh peningkatan investasi

Sektor konstruksi Indonesia telah berkinerja baik dalam beberapa tahun terakhir didorong oleh aktivitas ekonomi yang kuat dan tingginya tingkat investasi. Memang, investasi tetap telah melonjak selama dekade terakhir, dengan pangsa total PDB meningkat dari 19,5 % pada tahun 2003 ke Yang tertinggi dan bersejarah 33,2 % pada tahun 2012.

Sektor konstruksi telah menjadi penerima manfaat yang jelas dari kegiatan investasi ini. Hal ini telah berkembang sebesar 7,4 % secara rata-rata/tahun secara riil selama 10 tahun terakhir, jauh di atas tingkat pertumbuhan PDB sebesar 5,9 %. Dan tingkat pertumbuhan ini dipertahankan pada tahun 2012, berkembang sebesar 7,5 %. Sejalan dengan tren ini, saham sektor konstruksi terhadap total PDB meningkat dari 6,2 % pada tahun 2003 menjadi 10,4% pada tahun 2012.

Meskipun ada beberapa tantangan, prospek untuk bidang konstruksi masih menguntungkan. Dalam nominal istilah nilai output, sektor ini akan tumbuh sebesar 15 % per tahun dalam lima tahun ke depan, didukung oleh urbanisasi, meningkatnya pendapatan dan usaha pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur dasar sebagai bagian dari rencana ambisius tahunan - the Master Plan for the Acceleration and Expansion of Indonesia’s Economic Development (MP3EI). Dalam rangka menarik investasi untuk master plan, yang menggelontarkan pengeluaran hingga Rp 4,000 Triliun ( sekitar USD 428 miliar ) selama jangka waktu 2011-2025, pemerintah mengambil langkah-langkah untuk memperkuat kemitraan Peraturan publik-swasta – public-private partnership ( PPP ).

Pembangunan infrastruktur akan menjadi sektor utama dalam hal pertumbuhan, tetapi sektor konstruksi lainnya, konstruksi terutama perumahan dan komersial, juga akan melihat pertumbuhan yang sehat mengingat prospek ekonomi positif dan ekspansi yang cepat dari kelas menengah di Indonesia.

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>