Prototype Rig CBM Oleh LEMIGAS

Rig-CBM-Lemigas-alat-berat-blog

Jakarta, Guna mengurangi biaya eksplorasi, “ LEMIGAS” Badan Penelitian Dan Pengembangan Energi Dan Sumber Daya Mineral telah mengembangkan prototype Rig CBM dengan kapasitas engine 400 HP (Horse Power) yang dapat digunakan untuk pemboran sedalam 1000 meter.

Nantinya Rig CBM Lemigas ini dilengkapi dengan transmission system, mast, top driving power head, special heavy duty of road chassis, feeding system, hydroulic transmission system, hydroulic crane, lubrication system, operate console dan electrical system.

“Ini Rig yang kita desain bersama-sama antara Lemigas Balitbang dengan universitas dan perusahaan yang membangun rig. Rig yang digunakan untuk pengeboran ini kapasitasnya antara 375 hingga 400 HP (horse power),” ujar Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo seperti yang dilansir dari situs resmi esdm, Jakarta, Rabu (26/3).

Susilo menjelaskan, untuk mengeksploitasi CBM diperlukan rig-rig yang banyak, dan rig produksi Lemigas ini dapat melakukan pengeboran hingga kedalaman 1000 meter.

“Jadi jangan sampailah untuk yang kecil-kecil kita impor dan kelangkaan dari peralatan-peralatan ini tidak terjadi,” katanya.

Rencananya Pemerintah akan memperbanyak rig-rig ini sehingga tidak perlu mengimpor lagi yang tentunya akan memperbesar biaya pemboran.

“Kita akan perbanyak rig ini, haraganyapun relatif murah dan tantangannnya adalah mendidik operator-operator ini,” cetusnya.

Selain untuk mengurangi biaya eksploitasi, tambahnya, pembuatan rig ini akan membukan kesempatan kerja terutama untuk operator rig. Untuk setiap rig, diperlukan operator sekitar 5 hingga 10 orang.

Semoga saja semakin banyak alat-alat berat buatan dalam negeri agar tidak selalu impor dengan biaya yang cukup besar.

Sumber : EnergiToday

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>