Prinsip Kerja Dasar Dari Jaw Crusher

Mobile jaw Crusher - Alat Berat Blog

Pernahkah kita membayangkan bagaimana proses penghancuran batu/material yang besar menjadi serpihan yang jauh lebih kecil?

Proses peremukan batu ini tidaklah sesulit yang dibayangkan, karena pada saat ini ada alat khusus yang dapat menghancurkan batu dalam ukuran besar menjadi ukuran yang jauh lebih kecil, alat ini dinamakan Jaw Crusher.

Secara sederhana Cara Kerja Mesin Jaw Crusher dapat diibaratkan seperti mulut dan rahang (jaw) pada hewan, makanan akan masuk ke mulut kemudian di kunyah-kunyah oleh rahang agar menjadi lumatan kecil. Begitu juga sebuah batu besar, jika dimasukan ke dalam sebuah Crusher, maka batu itu akan diremukan oleh rahang khusus yang terdiri dari dua lempengan agar menjadi kepingan kecil.

Jika anda penasaran, berikut merupakan animasi prinsip kerja dari jaw crusher tersebut:

Prinsip Kerja Jaw Crusher - Alat Berat Blog

Secara garis besar bagian-bagiannya terdiri dari vibrating feeder, flywheel, eccentric shaft and bearing, fixed jaw(rahang yang diam) dan moving jaw (rahang yang bergerak), reversible jaw liners, groove block assembly, toggle, dan drawback rod.

Bagian Jaw Crusher - Alat Berat blog

Namun tentu saja material yang digunakan untuk membuat mesin penghancur batu ini harus kokoh dan sangat kuat, sehingga mampu mengnyah material keras tersebut, dalam dunia nyata, jaw crusher bisa berbentuk seperti ini:

Jaw Crusher - alat berat blog

Dalam pertambangan, proses crushing ini dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu primary, secondary dan yang terakhir adalah tahap fine crushing. Jaw Crusher sendiri merupakan alat yang digunakan pada tahapan pertama atau primary crushing, yaitu berfungsi menghancurkan batu berukuran besar untuk dijadikan ukuran kecil sehingga bisa diproses ditahap selanjutnya.

Sumber : tamangalam.com

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>