Pemerintah Siapkan 16 Pengacara Internasional Untuk Gugatan Newmont

Newmont vs pemerintah - alat berat blog

Alatberat.com – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Mahendra Siregar, menuturkan pemerintah tengah memproses pengadaan pengacara untuk menghadapi gugatan PT Newmont. Ada 16 pengacara berafiliasi internasional yang akan mendukung pemerintah dalam proses arbitrase di International Centre for Settlement of Investment Disputes (ISCID).

“Kami undang 16 pengacara dalam konteks kantor hukum itunyang memiliki cabang di Indonesia tetapi afiliasinya itu internasional,” kata Mahendra yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Gugatan Arbitrase di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin (17/8).

Mahendra menegaskan, begitu penunjukan pengacaa tuntas, maka perkaa bisa masuk subtansi dan kemudian berlanjut dengan pemilihan arbiter. Selain itu, Mahendra melanjutkan bahwa posisi pemerintah tetap terkait gugatan yang dilayangkan Newmont. Pemerintah, lanjutnya, akan melakukan pertemuan lebih lanjut dengan Newmont apabila dalam basis saling menghormati.

“Bahwa kita akan melakukan pertemuan lebih lanjut kalau dalam basis saling menghormati. Kalau memang masih ada gugatan itu tentu lebih baik kita fokus pada langkah-langkah untik menghadapi ISICID,” jelasnya.

PT Newmont Nusa Tenggara menggugat pemerintah Indonesia ke badan arbitrase internasional seputar pembayaran royalti kontrak karya dan pelarangan ekspor konsentrat. Pemerintah pun sudah siap untuk menghadapi gugatan dan disarankan oleh pengamat pertambangan Marwan Batubara untuk menggunakan jasa lawyer internasional.

Jual Beli Alat Berat #1 Indonesia

Pemerintah telah membentuk tim khusus untuk menghadapi masalah ini. Tim ini beranggotakan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian ESDM, Kementerian Hukum dan HAM, serta Jaksa Agung. Kepala BKPM Mahendra Siregar ditunjuk sebagai ketua tim.

Langkah pertama yang akan dilakukan oleh tim adalah menunjuk kuasa hukum, dan memberi tanggapan resmi soal gugatan Newmont ke arbitrase internasional. Waktu memberi tanggapan adalah dalam jangka waktu 20 hari setelah 15 Juli 2014, saat Newmont mengajukan gugatan ke arbitrase internasional.

Pemerintah pun berencana mengajukan gugatan balik. Namun, pihak Menko Perekonomian masih merahasikan detail gugatan balik dan siapa kuasa hukum yang telah ditunjuk.

“Kita, pertama ingin konsentrasi hadapi gugatan Newmont dulu, namun siapkan materi untuk gugat balik di arbitrase yang berbeda,” kata Menko Perekonomian Chairul Tanjung.

Sumber : Majalah Tambang

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia