Mengenal Tentang Kapal Tongkang Atau Pontoon

tongkang - alat berat blog

Tahukah anda apa itu kapal tongkang atau pontoon? mungkin bagi sebagian masyarakat masih belum tahu atau mungkin belum melihat secara langsung bagaimana sebenarnya bentuk kapal tongkang? untuk apa fungsinya? bagaimana cara kerjanya? maka dari itu kita akan bahas sedikit tentang kapal tongkang atau pontoon.

Apa itu Kapal Tongkang atau Pontoon ?

Tongkang_angkut_batu_bara - alat berat blog

Tongkang atau Ponton adalah suatu jenis kapal yang dengan lambung datar atau suatu kotak besar yang mengapung, digunakan untuk mengangkut barang dan ditarik dengan kapal tunda atau digunakan untuk mengakomodasi pasang-surut seperti pada dermaga apung.

Ponton digunakan juga untuk mengangkut mobil menyeberangi sungai, didaerah yang belum memiliki jembatan. Sangat banyak digunakan pada tahun 1960an hingga 1980an di jalur lintas Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua. Sekarang sebagian besar sudah digantikan dengan jembatan.

Untuk keperluan wisata, ponton juga masih digunakan. Untuk meningkatkan kestabilan kapal biasanya digunakan dua ponton yang digabungkan secara paralel.

Tonkang sendiri tidak memiliki sistem pendorong (propulsi) seperti kapal pada umumnya. Pembuatan kapal tongkang juga berbeda karena hanya konstruksi saja, tanpa sistem seperti kapal pada umumnya. Tongkang sendiri umum digunakan untuk mengangkut muatan dalam jumlah besar seperti kayu, batubara, pasir dan lain-lain. Di Indonesia tongkang banyak diproduksi di daerah Batam (Kepulauan Riau) yang merupakan salah satu basis produksi perkapalan di indonesia.

Apa itu Kapal Tunda atau Tugboat ?

kapal pandu tug boat - alat berat blog

Kapal tunda (bahasa Inggris: tugboat) adalah kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver / pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Kapal tunda digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya.

Kapal tunda memiliki tenaga yang besar bila dibandingkan dengan ukurannya. Kapal tunda zaman dulu menggunakan mesin uap, saat ini menggunakan mesin diesel. Mesin Induk kapal tunda biasanya berkekuatan antara 750 sampai 3000 tenaga kuda (500 s.d. 2000 kW), tetapi kapal yang lebih besar (digunakan di laut lepas) dapat berkekuatan sampai 25 000 tenaga kuda (20 000 kW). Kebanyakan mesin yang digunakan sama dengan mesin kereta api, tetapi di kapal menggerakkan baling-baling. Dan untuk keselamatan biasanya digunakan minimum dua buah mesin induk.

Kapal tunda memiliki kemampuan manuver yang tinggi, tergantung dari unit penggerak. Kapal Tunda dengan penggerak konvensional memiliki baling-baling di belakang, efisien untuk menarik kapal dari pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Jenis penggerak lainnya sering disebut Schottel propulsion system (azimuth thruster/Z-peller) di mana baling-baling di bawah kapal dapat bergerak 360° atau sistem propulsi Voith-Schneider yang menggunakan semacam pisau di bawah kapal yang dapat membuat kapal berputar 360°.

Apa Fungsi Lain Kapal Tongkang ?

Mengangkut bahan hasil tambang. Sebagian orang lebih memilih mengangkut bahan hasil tambang seperti batubara, biji besi, nikel, pasir, dan lain sebagainya dengan menggunakan kapal tongkang. Meskipun sewa kapal tongkang terbilang mahal yakni sekitar 800 jutaan/bulan (untuk yang 300 feet) namun dirasa hal ini cukup sepadan untuk muatannya yang bisa mencapai 8000 MT.

Mengangkut peti kemas. Selain itu, kapal tongkang juga bisa mengangkut peti kemas. Dalam hal ini, umumnya yang digunakan adalah kapal tongkang yang menggunakan mesin.

Menyebrangkan transportasi darat. Kalau dahulu umumnya jembatan penyebrangan masih sulit ditemukan. Jadi, untuk menyebrangkan transportasi darat seperti mobil, truk, motor, atau lainnya yakni dengan menggunakan kapal tongkang.

Itulah sedikit pembahasan tentang kapal tongkang atau pontoon. Semoga bermanfaat !

Sumber : wikipedia

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>