Giliran CEO Newmont Temui CT Di Jakarta

Tambang Newmont - Alat Berat Blog

Jakarta – CEO Newmont Mining Corporation, Gary J. Goldberg, didampingi Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggara Martiono Hadianto hari ini, Jumat (13/6/2014) menyambangi Kantor Menko Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung.

Ini menjadi kunjungan yang kesekian kalinya bagi perusahaan tambang asing melobi pemerintah Indonesia. Sebelumnya, CEO Freeport McMoran Copper and Gold Inc Richard C. Adkerson, juga berkunjung ke kantor CT.

“Kesempatan ini untuk menyelesaikan masalah yang kami hadapi yang terkait dengan penutupan operasi kami,” kata Gary kepada wartawan di Lapangan Banteng. Dia juga mengatakan, mendukung kebijakan pemerintah RI untuk membangun pabrik pemurnian bijih mineral atau smelter.

Dia menuturkan, saat ini perseroan tengah mencari solusi untuk itu. Sementara itu, ditanya perihal nota kesepahaman renegosiasi kontrak karya, Gary menjelaskan tengah mempelajari perbedaan antara pemerintah Indonesia dengan pihaknya. “Kami sedang mengerjakan detailnya dengan pemerintah,” kata dia.

Juru Bicara Newmont Mining Corporation, Ruby Purnomo, menambahkan, perseroan akan berdiskusi dengan pemerintah tentang persoalan yang dihadapi Newmont, mulai dari penutupan tambang Batu Hijau, hingga perumahan sementara operator tambang.

Menko Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan PT Newmont Nusa Tenggara bisa segera ekspor bulan ini, asal perusahaan tambang itu menyepakati tawaran renegosiasi kontrak pemerintah.

“Kalau saya, kalau bisa bulan ini (ekspor), kenapa mesti bulan depan,” katanya kepada wartawan di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/6/2014).

CT mengatakan, akibat tidak bisa mengekspor, Newmont terpaksa menutup tambang Batu Hijau, dan merumahkan sementara operator tambang mereka. Dia mengatakan, solusi yang ditawarkan pemerintah agar karyawan tambang bisa kembali bekerja adalah Newmont segera merampungkan urusan renegosiasi kontrak.

Dia mengatakan, tim renegosiasi dan Newmont hampir sepakati seluruh poin. Sayangnya, CT enggan memberikan keterangan mengenai poin renegosiasi mana saja yang masih belum rampung.

“Tapi mereka menyampaikan bahwa sudah hampir selesai. Pesan saya, selesaikan secara baik, secepatnya, supaya mereka segera bisa ekspor, orang yang dirumahkan bisa kembali bekerja,” ujarnya.

Meski membahas bagaimana agar Newmont bisa cepat kembali mengekspor, CT mengatakan, dalam pertemuannya dengan CEO Newmont Mining Corporation, Gary J. Goldberg, mereka tidak membahas secara khusus penutupan tambang Batu Hijau. “Sama sekali enggak (bahas),” katanya.

Sumber : Kompas.com

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>