Ditemukan Sumber Gas Di Blok Tuna

Semi Sub Rig - Alat Berat Blog

Premier Oil mengklaim telah menemukan gas pada pengeboran sumur Singa Laut-1 di Blok Tuna, offshore Pulau Natuna. Pengeboran tersebut dilakukan pada kedalaman 177 kaki di bawah permukaan laut.

Menurut investor Relations Premier Oil, Elizabeth Brooks, saat ini kandaungan gas sudah diukur dan sampel gas sudah diambil oleh perusahaan untuk terus diteliti. Gas tampaknya sama kualitasnya dengan gas yang sudah sebelumnya ditemukan pada sumur Kuda Laut yang terletak berbatasan dengan sumur Singa Laut-1.

ELizabeth mengatakan, adapun, sumur Singa Laut-1 akan ditandai dan kemudian dibiarkan sebagai sumur eksplorasi yang berhasil. Pengeboran pengembangan (appraisal) akan di lakukan lebih lanjut untuk menilai sumber daya migas yang berada di dalam sumur Singa Laut-1 dan Kuda Laut.

“Pengeboran ini akan ditargetkan pada tahun 2015 nanti,” katanya seperti yang diberitakan harian Kontan, Jakarta, Selasa (10/6).

Perlu diketahui, Premier Oil mendapatkan 65% saham Blok Tuna pada Maret 2007. Sedangkan sisa sahamnya dimiliki oleh Mitsui Oil Exploration Company Limited sebesar 35%. Investor Relations Premier Oil Elizabeth Brooks menyatakan, dengan tuntasnya pengeboran pada sumur Kuda Laut-1, pengeboran akan dilanjutkan ke arah samping pada prospek Singa Laut yang berada pada sesar atau fault di sebelahnya.

“Hasil pengeboran pada prospek Singa Laut akan diperoleh pada akhir Mei 2014 ini dan akan disatukan dengan hasil eksplorasi dari Kuda Laut untuk menilai besarnya sumber daya yang ditemukan saat ini,” ujar Brooks kepada KONTAN, Selasa (29/4).

Menurut Brooks, untuk pengeboran dan eksplorasi pada sumur Kuda Laut di blok Tuna ini, perusahaannya menghabiskan dana sekitar US$ 20 juta, sedangkan pengeboran pada prospek Singa Laut bakal menghabiskan dana sekitar US$ 15 juta.

Selain di Blok Tuna, pada tahun ini, Premier Oil juga akan melakukan pengeboran di dua sumur pada Natuna Sea Block A, yaitu sumur Ratu Gajah yang saat ini sedang dibor dan sumur Anoa Deep yang akan mulai dibor pada kuartal IV-2014 ini. “Lapangan Pelikan dan Naga di Natuna Sea Block A akan beroperasi semester II tahun ini,” kata Brooks.

Sumber : kontan.co.id

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>