Belajar Cara Mengoperasikan Forklift Automatic Dan Manual

forklift - Alat Berat Blog

alatberat.comForklift atau yang juga sering disebut sebagai lift truck adalah salah satu material handling yang paling banyak digunakan di dunia logistic. Tujuan utama dari penggunaan forklift adalah untuk transportasi dan mengangkat. Sejarah forklift pertama kali diawali pada tahun 1906. Pennsylvania Railroad memperkenalkan sebuah batery platform truck untuk memindahkan barang. Perkembangan selanjutnya banyak terjadi pada saat perang dunia I. Konon menurut sejarah, dunia logistik sangat dipengaruhi oleh adanya perang.

Forklift modern sekarang sudah berbeda jauh dengan sejarah awal forklift yang ada. Forklift modern benar-benar difokuskan untuk kedua hal utama, yaitu transportasi dan mengangkat.

Sekarang kita akan bahas secara singkat bagaimana cara untuk mengoperasikan Forklift baik yang matic ataupun manual. Sebelum kita mengoperasikan forklift, ada baiknya kita akan berkenalan dulu pada bagian-bagian umum yang terdapat pada kendaraan Forklift, yaitu :

Forklift_Diagram - Alat Berat Blog

Fork : bagian utama dari sebuah forklift yang berfungsi sebagai penopang untuk membawa dan mengangkat barang. Fork berbentuk dua buah besi lurus dengan panjang rata-rata 2.5 m. Posisi peletakan barang di atas pallet masuk ke dalam fork juga menentukan beban maksimal yang dapat diangkat oleh sebuah forklift.

Carriage : merupakan bagian dari forklift yang berfungsi sebagai penghubung antara mast dan fork. Ditempat inilah fork melekat. Carriage juga berfungsi sebagai sandaran dan pengaman bagi barang-barang dalam pallet untuk transportasi atau pengangkatan.

Mast : bagian utama terkait dengan fungsi kerja sebuah fork dalam forklift. Mast adalah satu bagian yang berupa dua buah besi tebal yang terkait dengan hydrolic system dari sebuah forklift. Mast ini berfungsi untuk lifting dan tilting.

Overhead guard : merupakan pelindung bagi seorang forklift driver. Fungsi pelindungan ini terkait dengan safety user dari kemungkinan terjadinya barang yang jatuh saat diangkat atau diturunkan, juga sebagai pelindung dari panas dan hujan.

Counterweight : merupakan bagian penyeimbang beban dari sebuah forklift. Letaknya berlawanan dengan posisi fork.


Mengenali jenis Transmisi forklif :
A. Matic / Auotomatic
B. Manual / Gigi

Sebelum mengoprasikan fofklift sebaiknya menggunakan penangaman seperti Helm, sepatu, masker, dan kacamata.

A. Matic atau Automatic Transmission
Menggunakan tenaga battery atau accu karena ramah lingkungan. Pada umumnya matic lebih mudah dari pada manual yang membedakan hanya tuas handlenya. Tuas handle untuk matic ada 5.
1. Handle di Setir sebelah kiri : Untuk Maju dan Mundur
2. Handle di setir sebelah kanan : Untuk Fungsi lampu-lampu
3. Tuas pertama : Untuk naik atau turun
4. Tuas Kedua : Untuk Cungkil
5. Tuas Ketiga : Untuk geser kanan kiri

forklift-auto-dash - Alat Berat Blog

Untuk forklift matic biasanya digunakan pada perusahaan yang bebas polusi atau asap seperti, Garment, Produk makanan, dll.. Begitu juga dengan roda, ada 4 buah roda mati atau tidak hampa udara.

Untuk pengoprasian forklift matic mudah sekal, pada pedal bawah sebagai rem dan kopling apabila diinjak berati kopling dipegang, apabila dilepas berarti Rem akan berfungsi. Jika untuk menjalankannya hanya perlu memajukan handle jalan maju atau mundur dan tidak ada gigi. Mudah bukan??

B. Manual Transmission
Forklif manual menggunakan bahan bakar solar. Sebenarnya banyak sekali jenisnya menurut kapasitas angkutnya. Ada kapasitas 3 ton, 5 ton, bahkan 8 ton lebih. Pedal bagian bawah ada gas, kopling, dan rem (Seperti mobil).

Biasanya digunakan di tempat outdoor, karena menghasilkan polusi yang cukup banyak dari knalpot. Cara menjalankanya agak sulit karena seperti menjalankan mobil. Juga roda forklift yang berfungsi untuk berbelok pasti di belakang.

Untuk handel paling kanan ada gigi maju dan mundur, sebelahnya ada perseneling gambar kura-kura artinya gigi 1. Gambar kijang artinya gigi 2. Lalu untuk handel kiri dari kemudi ada naik turun dan cungkil. Manual yg membedakan tidak ada tuas maju mundur dan geser nya sehingga lebih sulit dari matick.

Semoga Bermanfaat !

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>