Bagian Dan Fungsinya Dari Crawler Mobile Crane

Alatberat.com – Beberapa macam dan jenis alat-alat angkat atau lifting telah di bahas pada artikel berikut. Maka sekarang kita akan bahas pada bagian-bagian mobile crane beserta fungsinya masing-masing.

Mobile crane adalah sebuah mesin yang mempunyai struktur lengkap sebuah crane dan dapat dipindahkan dengan mudah karena dukungan roda penggerak. Dari segi roda penggeraknya crane jenis ini dibedakan menjadi dua, yaitu crane beroda crawler (kelabang) dan rane beroda ban.

Crawler Crane

Crawler crane - alat berat blog

Crawler crane atau sering disebut crane beroda rantai, merupakan sebuah crane dengan crawler terdiri atas satu set track yang menempel pada link untuk bergerak /berpindah dengan merayap.

Perpindahan dilakukan dengan cara tram motor memutar track pada sproketnya.
Pada umumnya crane crawler mempunyai kapasitas pengangkatan yang besar dibandingkan jenis crane beroda ban. Namun karena berat mesin dan lambannya pergerakan crawler menjadi satu kekurangan bagi crane jenis ini.

Jual Beli alat berat - alat berat blog

Untuk memindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain diperlukan biaya ekstra dan peralatan yang banyak seperti trailer dan crane lain karena crane ini harus dibongkar.
Kelebihannya, crane jenis ini terkenal sangat stabil dan lebih tangguh serta sanggup mengangkat beban sambil bergerak(moving) karena tidak memakai outrigger.

Biasanya crane crawler menggunakan boom tipe lattice (kisi). Walaupun boom tipe ini sangat merepotkan saat pembongkaran dan pemasangan, namun crane dengan boom tipe ini sangat cocok digunakan untuk berbagai keperluan kerja berat (heavy duty crane) seperti clampshell, dredging, piling, dragline, hammerhead crane dan kerja-kerja berat lain termasuk di tempat-tempat yang terlalu ekstrim namun memerlukan kestabilan tinggi seperti di atas barge (ponton) ataupun diikatkan di kapal menjadi pedestal crane.

Bagian dan fungsi dari crawler crane :

bagian crawler crane - alat berat blog

 

Fungsi masing-masing bagian crawler crane :

1. Crawler : Untuk memindahkan crane (merayap) di area kerja dengan cara tram motor memutar track pada sproketnya.

2. Superstructure : Tempat crane beputar, ruang control operator, atau tempat peralatan lainnya.

3. Counterweight : Bobot yang digunakan untuk menyeimbangkan beban dan berat crane dalam memberikan stabilitas pada saat mengangkat.

4. Additional counterweight : Bobot tambahan (opsional) untuk menyeimbangkan beban dan berat crane.

5. Jib : Perpanjangan tambahan yang melekat pada titik boom sehingga memberikan tambahan panjang boom untuk mengangkat beban yang ditentukan.

6. Mast :  Tempat untuk menopang tali atau kawat penyeimbang crane, kerekan, dan pulley.

7. Pulley : Untuk memutar bagian pengait sehingga dapat dinaikkan atau diturunkan.

Semoga bermanfaat !!

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia