Akhirnya Newmont Resmi Cabut Gugatan Arbitrase

Jero wacik - alat berat blog

Alatberat.com – PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) hari ini mengumumkan bahwa PTNNT dan Nusa Tenggara Partnership BV (NTPBV), pemegang saham mayoritas PTNNT, telah mengajukan penghentian dan pencabutan gugatan arbitrase yang telah diajukan kepada the International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID).

Hal ini disampaikan oleh pihak PTNNT dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari situs resminya, Rabu (27/8/2014)

Gugatan arbitrase Newmont sempat diajukan terkait larangan ekspor yang mengakibatkan terhentinya kegiatan produksi tambang tembaga dan emas Batu Hijau.

“Keputusan untuk menghentikan dan mencabut gugatan arbitrase dilakukan menyusul adanya komitmen dari para pejabat tinggi Pemerintah yang akan membuka kembali perundingan formal untuk menyelesaikan Nota Kesepahaman dengan PTNNT, jika gugatan arbitrase dihentikan,” jelas Newmont.

Penandatanganan Nota Kesepahaman bersama pemerintah akan diikuti dengan kegiatan produksi dan ekspor konsentrat tembaga secara aman.

“PTNNT senantiasa berkomitmen untuk menjalin kemitraan jangka panjang dengan Indonesia dan mendukung kebijakan Pemerintah, masyarakat Indonesia, dan pengembangan sumber daya alam Indonesia secara bertanggung jawab yang kini sedang berjalan,” jelas Newmont.

Seperti diketahui pada 1 Juli 2014, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dan Nusa Tenggara Partnership B.V. (NTPBV) mengumumkan menggugat pemerintah Indonesia ke arbitrase internasional terkait larangan ekspor mineral mentah. Pihak Newmont mengakui langkah arbitrase diambil sebagai keputusan terakhir.

Menteri ESDM Jero Wacik mengaku belum menerima keterangan tertulis atau resmi terkait pencabutan gugatan tersebut.

“Saya memang mendengar Newmont mencabut gugatannya. Cuma belum ada buktinya, kita tunggu saja,” kata Jero saat sidak BBM di SPBU Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Rabu (27/8/2014).

Secara prinsip pemerintah Indonesia selalu siap terhadap berbagai macam gugatan. “Pokoknya prinsipnya, kalau pemerintah digugat di arbitrase kita lawan,” jelasnya.

Jero juga mengatakan pemerintah siap membuka kembali dialog renegosiasi kontrak karya dengan Newmont seperti yang juga dilakukan terhadap PT Freeport Indonesia.

“Kalau sudah cabut, ya kita terbuka,” katanya.

Menperin MS Hidayat mengungkapkan bahwa pihak Newmont telah mencabut gugatan arbitrase internasional terhadap pemerintah Indonesia.

“Beberapa waktu lalu Newmont melalui kuasa hukum di Washington DC, sudah mencabut gugatan arbitrase namun pihak pemerintah Indonesia belum secara resmi menerima,” kata Hidayat.

Hari ini seperti dikutip dari AFP, Rabu (27/8/2014) pihak Newmont telah menyatakan menghentikan dan mencabut gugatan arbitrasenya.

“Keputusan menghentikan dan mencabut arbitrase setelah ada komitmen dari pejabat senior pemerintah,” jelas Newmont Indonesia dalam pernyataannya.

Sumber : Detik.com

Share This :

Komentar

About Author

alatberat

Jual Beli Alat Berat No.1 di Indonesia